Keunikan dan kelebihan Bahasa Indonesia di mata dunia, selain sebagai bahasa resmi Republik Indonesia, cek yukk fakta lainnya berkenaan dengan bahasa nasional kita ini.....

1. Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam
 
Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007, “Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan,­” kata Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City untuk periode 2007-2008, Irdamis Ahmad.  Guna mengembangkan dan memperlancar studi Bahasa Indonesia, pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia di kota itu membantu berbagai sarana yang diperlukan beberapa universitas, kata Irdamis. Sarana yang dibantu antara lain peralatan komputer, alat peraga, bantuan dosen dan bantuan keuangan bagi setiap kegiatan yang berkaitan dengan upaya promosi Bahasa Indonesia di wilayah kerja universitas masing-masing.
Perguruan tinggi itu juga mengadakan lomba pidato dalam Bahasa Indonesia, lomba esei tentang Indonesia dan pameran kebudayaan. Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC dan Universitas Sosial dan Humaniora membuka studi Bahasa Indonesia. “Jumlah mahasiswa yang terdaftar sampai Nopember 2008 sebanyak 63 orang dan menurut universitas-uni­versitas itu, minat untuk mempelajari Bahasa Indonesia cenderung meningkat,” sebagian pemuda Vietnam melihat adanya keperluan untuk mempelajari Bahasa Indonesia, mengingat kemungkinan meningkatnya hubungan bilateral kedua negara yang berpenduduk terbesar di ASEAN di masa depan.

2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia

Walaupun yang paling efektif merubah citra adalah merubah realitas, namun peran budaya dan bahasa Indonesia dalam diplomasi sangat krusial. Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara, guna membangun saling pengertian dan memperbaiki citra .
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Departemen Luar Negeri  ketika tampil pada pleno Kongres IX Bahasa Indonesia, yang membahas Bahasa Indonesia sebagai Media Diplomasi dalam Membangun Citra Indonesia di Dunia Internasional, Rabu (29/10) di Jakarta menyimpulkan. “Saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa Indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya,”. Di Australia bahasa Indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa Indonesia. Bahkan, anak-anak kelas 6 sekolah dasar ada yang bisa berbahasa Indonesia.
Untuk kepentingan diplomasi dan menambah pengetahuan orang asing tentang bahasa Indonesia, menurut Dirjen Informasi dan Diplomasi Deplu ini, modul-modul bahasa Indonesia di internet perlu diadakan, sehingga orang bisa mengakses di mana saja dan kapan saja.
Di samping itu, keberadaan Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara sangat membantu dan penting. Negara-negara asing gencar membangun pusat kebudayaannya, seperti China yang dalam tempo 2 tahun membangun lebih 100 pusat kebudayaan. Sedangkan bagi Indonesia untuk menambah dan membangun Pusat Kebudayaan terkendala anggaran dan sumber daya manusia yang andal. Untuk memenuhi keperluan itu, sangat diperlukan keseimbangan penguasaan bahasa ibu (bahasa daerah), bahasa Indonesia, dan bahasa asing untuk mereka yang berdaya saing global, tandasnya. Dendy Sugono melukiskan, kebutuhan insan Indonesia cerdas kompetitif itu, untuk lo kal meliputi kecerdasan spiritual, keterampilan, dan bahasa daerah . Untuk kebutuhan nasional meliputi kecerdasan emosional, kecakapan, dan bahasa Indonesia. Sedangkan untuk global dibutuhkan kecerdasan intelektual, keunggulan, dan bahasa asing.

3. Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia

Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin. “Wikipedia Indonesia kini berada di peringkat 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia kita berada di peringkat tiga, setelah Jepang dan Mandarin,”. Wikipedia Indonesia terus tumbuh pesat. “Kontributor semakin bertambah, demikian juga dengan artikelnya. Isinya juga semakin variatif,”. Tingginya gairah penggiat ensiklopedia bebas itu juga tercermin dalam lokakarya “Menulis di Wikipedia Indonesia” yang digelar dalam rangkaian acara Indonesia Information Communication Technology (Indonesia ICT Awards) 2007 di Balai Sidang Jakarta.

4. Bahasa Indonesia bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress

Fakta bahwa setelah Spanyol, Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang menempati urutan ketiga yang paling banyak digunakan dalam posting-posting­ WordPress. Indonesia pun adalah negara kedua terbesar di dunia yang pertumbuhannya paling cepat dalam penggunaan engine blog itu. Dalam 6 bulan terakhir tercatat 143.108 pengguna baru WordPress dari Indonesia dan telah ada 117.601.633 kunjungan melalui 40 kota di Indonesia.

5. Bahasa dan Musik Indonesia dikirim ke luar angkasa

Satelit Voyager adalah sebuah wahana luar angkasa tanpa awak yang diluncurkan amerika serikat tahun 1977 dengan beberapa tujuan yaitu :
a. Meneliti luar angkasa lebih dalam dan luar angkasa yang tidak dapat dilihat oleh mata.
b. Mencari keberadaan planet yang dapat dihuni.
c. Mencari planet yang berpenghuni.
Digerakkan dengan tenaga nuklir, voyager diharapkan mampu mengirim data ke bumi sampai tahun 2025 ( 48 tahun setelah diluncurkan) sebelum pasokan listriknya habis. Jika listriknya habis dan voyager tidak lagi beroperasi, maka misinya dikurangi menjadi 1 yaitu :
Memberi tahu keberadaan bumi pada alien yang memiliki teknologi lebih tinggi daripada kita.
Isi dari piringan emas ini dipilih untuk NASA oleh sebuah tim yang diketuai oleh Carl Sagan dari Universitas Cornell. Dr. Sagan dan timnya mengumpulkan 115 gambar berikut sebuah rekaman suara-suara alam, seperti suara ombak, angin, petir, serta suara-suara binatang, termasuk kicauan burung dan suara dari ikan paus. Selain itu, piringan ini juga diisi dengan musik dari berbagai budaya dan era yang berbeda, serta ucapan salam dalam 55 bahasa termasuk diantaranya bahasa Indonesia.
Piringan emas ini juga menyertakan pesan tercetak dari Presiden Jimmy Carter dan Sekretaris Jenderal PBB saat itu, Kurt Waldheim.

6. Keunikan Angka dalam Bahasa Indonesia

Fakta unik ternyata ditemukan dalam pola sederetan angka. setiap negara, bangsa, dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sampai dengan sepuluh.
Misalnya angka tiga kita menyebutnya di Indonesia, tapi di negara lain ada yang menyebutnya tri, three, san, tolu dan lain sebagainya.
Bahkan bila ada yang masih ingat angka-angka tersebut dalam bahasa daerah, maka terkadang ada angka yang penyebutannya sama dan ada pula yang berbeda dengan Bahasa Indonesia.
1= Satu
2 = Dua
3 = Tiga
4 = Empat
5 = Lima
6 = Enam
7 = Tujuh
8 = Delapan
9 = Sembilan
Ternyata setiap bilangan mempunyai saudara ditandai dengan huruf awal yang sama. Bila kedua saudara ini dijumlahkan angkanya, maka hasilnya pasti sepuluh. Contohnya Satu dan Sembilan mempunyai huruf awal, yaitu S, dan bila dijumlahkan satu dan sembilan hasilnya adalah sepuluh.
Begitu juga dengan Dua dan Delapan, Tiga dan Tujuh kemudian Empat dan Enam. Berturut-turut sampai dengan angka Lima. Lima dijumlahkan dengan dirinya sendiri juga hasilnya sepuluh.
Tidak sampai disitu, ternyata huruf awalnya juga punya peranan penting terbentuknya bilangan itu. Misalnya Satu dan Sembilan sama-sama huruf awalnya adalah S yang secara kebetulan berada pada urutan 19 dalam alpabet.
Bila angka satu dan sembilan dijumlahkan kemudian dibagi dua untuk mencari rata-ratanya maka hasilnya adalah 5. Bentuk angka 5 sangat identik dengan huruf S.
Kemudian Dua dan Delapan. Huruf awalnya adalah D yang urutan keempat. Bila delapan dibagi dua maka hasilnya adalah empat (pembenaran).
Selanjutnya Empat dan Enam. Huruf awalnya adalah E yang urutan kelima. Lima berada di antara Empat dan Enam (pembenaran lagi).
Sedangkan angka Lima, huruf awalnya adalah L. Dimana L digunakan untuk simbol angka lima puluh dalam perhitungan Romawi.
Lalu bagaimana dengan Tiga dan Tujuh? Ternyata susah cari pembenarannya. Ditambah, dikurang, dibagi dan dikali ternyata belum juga ketemu. Tiga dikali tujuh hasilnya 21, kurang satu angka dengan huruf T yang urutan ke 20. Tapi simbol V digunakan untuk menunjukkan angka tujuh dalam perhitungan Arabic. Dan V diurutan ke-22.
Rahasianya, tidak pake matematika. Cukup ditulis saja di kertas kosong, kemudian pasti bisa ketemu hubungannya. Coba tulis huruf T kecil (t) di sebuah kertas. Kemudian putar kertasnya 180 derajat, maka Anda bisa lihat angka tujuh dengan jelas. Lalu bagaimana dengan angka tiga? Juga sama.
Tulis huruf T besar di kertas pake font Times New Roman kemudian putar 90 derajat ke kanan searah jarum jam. Anggap saja ngakalin logika hehehe... Pola unik ini mungkin hanya bisa ditemukan di huruf dan bahasa Indonesia.

Paling Populer di Australia.

Perlu kamu tahu nih kawan, di Australia, bahasa Indonesia merupakan bahasa paling populer keempat. Ada kurang lebih 500 sekolah pada tingkat pendidikan dasar yang mengajarkan bahasa Indonesia di negara kanguru ini. Sama seperti di Negara kita, Bahasa Indonesia adalah bahasa yang wajib dipelajari di tingkat sekolah dasar. Beberapa universitas di Australia ini juga ada yang menyediakan jurusan bahasa atau sastra Indonesia, hal ini membuat Australia menjadi salah satu negara yang paling populer mengembangkan bahasa Indonesia. Wah pasti heran kalau kita sedang berkunjung ke Australia, lalu menemukan anak – anak SD yang bisa menyapa kita dengan sapaan khas orang Indonesia ‘Selamat pagi, apa kabar?’ Mantappp...sementara banyak temen kita sok cas cis cus dengan aksen lebay kebritish-britishan xixixixixi !

Pusat Studi Indonesia di Afrika.
Salah satu Negara di benua Afrika, yaitu Mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa Indonesia, kawan. Negara piramid dan sphinx ini baru saja membangun Pusat Studi Indonesia lho. Pusat Studi ini ada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.

Menjadi Bahasa Pilihan di Situs Klub Sepak Bola.
Siapa coba yang nggak tahu Juventus, Intermilan, dan AC Milan. Yup, tiga klub sepak bola di Itali ini telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa Indonesia. Hal itu menunjukan kalau Itali juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa Indonesia. Cukup membuat kita semangat full PEDE !!

Lama dibedah dan dilafal di Jepang
.
Di negara matahari terbit ini sudah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia, kawan. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau Perhimpunan Pengkaji Indonesia Seluruh Jepang tahun 1969. Nah, anggota organisasi ini terdiri dari kalangan akademisi Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992 organisasi ini mulai melakukan ujian kemampuan Bahasa Indonesia. Sampai sekarang tercatat lebih dari 12.500 peserta yang telah mengikuti tes kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai level atau tingkatan. Saat ini ada beberapa Universitas di Jepang yang membuka jurusan bahasa Indonesia lho, antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan. Sementara yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan ada lebih dari 20 perguruan tinggi di Jepang.

Barangkali bukan lagi mimpi jika bahasa indonesia akan segera menjadi bahasa internasional menyusul bahasa inggris dan lainnya, iyakan ??
Inget negeri Jepang ini jadi teringat kabar mengagumkan yang terhembus dari prestasi putra dan putri Indonesia lainnya di negeri sakura ini. Geser yukk... cermati lebih detail beritanya, insyaallah semakin membanggakan :)
Ali Khumaeni, seorang mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan doktor di Universitas Fukui Jepang, mendapat penghargaan ilmiah Great Scientific Exchange 2012 (SCIX 2012), di Kansas City, Missouri, Amerika Serikat (AS), akhir pekan lalu berkat terobosan dalam bidang teknik analisis atom.

SCIX 2012 adalah pertemuan ilmiah internasional terbesar untuk bidang sains analitik dan spektroskopi yang diselenggarakan oleh Federation of Analytical Chemistry and Spectroscopy Societies (FACSS) sejak 1973.
Setiap tahun, FACSS memilih paper ilmiah terbaik oleh mahasiswa pasca sarjana. Tahun ini terpilih satu mahasiswa penerima penghargaan FACSS dan 2 mahasiswa penerima beasiswa The Tomas Hirschfeld Scholar melalui proses seleksi yang sangat ketat.

"Tercatat sejak 2006, penghargaan FACSS selalu diraih oleh mahasiswa dari Universitas di Amerika Serikat, dan tahun ini kita bisa meraihnya" kata Khumaeni.

Terobosan Penting Khumaeni membuat terobosan baru dalam bidang laser plasma spektrokopi, yaitu teknik analisis atom dalam material dengan memanfaatkan laser pulsa berdaya tinggi. Di dalam bidang ini, mayoritas peneliti memanfaatkan laser pulsa Nd:YAG untuk analisis material.

Kelemahan dari metode ini adalah tidak bisa digunakan untuk analisis atom dengan sensitivitas tinggi pada material yang bersifat non-padat.

Selain itu, metode ini juga tidak bisa digunakan untuk analisis atom metal berbahaya karena material akan rusak disebabkan ablasi material oleh laser.

Analisis permukaan material sangat penting dalam industri termasuk industri nuklir. Untuk memecahkan persoalan ini, Khumaeni dan timnya membuat terobosan metode baru yang dinamakan “laser gas plasma spektroskopi”.

Di dalam teknik ini, sebuah gas plasma dihasilkan dalam permukaan metal dengan memanfaatkan laser pulsa TEA CO2. Dengan berbagai teknik sampling yang sederhana, gas plasma tersebut berinteraksi dengan berbagai material non-padat yang akan dianalisis.

Hasilnya menunjukkan bahwa metode baru ini bisa digunakan untuk analisis material non-padat dengan cepat dan menghasilkan sensitivitas yang tinggi dibandingkan dengan metode laser plasma spektroskopi pada umumnya.

Selain itu, metode baru ini juga bisa digunakan untuk analisis permukaan material tanpa membuat kerusakan material sehingga bisa diaplikasikan industri-industri yang membutuhkan analisis permukaan seperti semikonduktor dan nuklir. Salah satu aplikasi penting metode laser plasma spektroskopi saat ini adalah untuk misi planet Mars. Metode ini digunakan robot Curiosity yang akan digunakan untuk mendeteksi atom-atom yang sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda kehidupan di planet. 

Salut ini tak hanya karena admin agak pengong memahami struktur atom dan sejenisnya, tapi rasanya tak perlu lagi minder membusungkan dada mengakui kita adalah bangsa setara, bangsa Indonesia. Bahkan pemimpin republik ini tak mampu menyembunyikan kebanggaannya atas prestasi yang mengangkat citra bangsa.

"Pagi ini putra-putri Indonesia telah harumkan nama bangsa di perlombaan bergengsi dunia yang diikuti 23 negara," tulis Presiden di akun twitternya.
Presiden menambahkan bahwa Melody, Mariska dan enam pelajar lainnya meraih medali dan penghargaan dalam International Conference of Young Scientists di Bali. "Saya bangga," katanya.

Presiden juga berpesan bahwa anak Indonesia harus terus berprestasi serta mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di pentas dunia.

Seperti diberitakan, Mariska Grace dan Melody Grace Natalie menyabet masing-masing satu medali emas dalam ajang Internasional Conference of Youth Scientist (ICYS) Selain dua emas, Indonesia juga meraih satu medali perak melalui M Arifin Dobson, serta dua medali perunggu oleh Avip N Yulian dan Putu Handre K Utama.

Mariska Grace yang berasal dari SMAK Cita Hati menjadi yang terbaik dalam kategori Enviromental Science dengan karya ilmiahnya berjudul a Novel Approach in Using Peanut Shells to Elliminate Content in Water. Dalam karya ilmiahnya ini, Mariska memanfaatkan kulit kacang untuk mengurangi kadar ion tembaga di dalam air.

Sementara Melody Grace Natalie, siswa Stella Duce I Yogyakarta yang bertarung dalam bidang Life Science berhasil memukau juri dalam presentasi karya ilmiahnya Potencial of Squid Eye Lenses as UV Absorber. Melody memanfaatkan mata cumi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Berfungsi sebagai sun block yang bisa dibuat simpel oleh nelayan sehingga nelayan bisa terhindar dari kanker kulit. 
Ilmuwan Indonesia meski hanya meraih dua emas tapi kita patut berbangga hati, persaingan tahun ini cukup berat, banyak presentasi karya ilmiah dari negara lain yang bagus. Saingan terberat dari Indonesia dalam ajang ini datang dari Polandia, German, Rusia dan sejumlah Negara Eropa Timur lainnya. Setelah Indonesia sukses menjadi tuan rumah tahun ini, rencananya ICYS 2014, tahun depan akan diselenggarakan di Ukraina.
Dan tentu ini bukan tahun emas prestasi, sebab sebelumnya Indonesia telah rajin menjadi kolektor juara di even science lainnya. Tengok saja prestasi tahun-tahun sebelumnya yang tak kalah bersinarnya. Seperti pada desember 2011 kemarin,

Pelajar Indonesia Raih Emas Kontes Fisika 2011 di Hongaria. Simak beritanya yoo..


 
Sebelumnya pelajar Indonesia juga berprestasi di dunia dengan memperoleh medali emas pada Olimpiade Kimia di Georgia. Mereka adalah siswi SMA Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan. Andi Wirda Sari (kiri) dan Woro Azmi (kanan), saat ditemui di SMA Kharisma Bangsa, 19 Mei 2011 lalu. Foto: Investor Daily/ ANTARA/Muhammad Deffa/Koz/nz/11
 
Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Erwin Handoko, meraih medali emas dalam "The Rudolf Ortway Prob Solving Contest in Physics" yang diselenggarakan Eotvos Universitas di Hongaria.

Soal yang diberikan adalah sama dengan peserta SMA dengan S3 dengan tingkat kesulitan tinggi yang harus dikerjakan dalam waktu 10 hari. Konon disebut-sebut tingkat kesukarannya sangat rumit dan luar biasa "Hanya jenius yang bisa selesaikan problem ini ".
Penghargaan lain juga diraih oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Surya yang meraih medali perak dalam "Univ Physics competition" tingkat dunia. Soalnya diambil dari kehidupan nyata diselesaikan dengan konsep fisika selama 48 jam dengan membutuhkan kreatifitas tinggi untuk menyelesaikan soal soal ini.
Pelajar Indonesia Raih Emas di Olimpiade Kimia Dunia 2011
Pelajar Indonesia meraih prestasi terbaik selama keikutsertaannya dalam kompetisi International Chemistry Olimpiad (IChO) yang telah digelar untuk ke-43 kalinya. Tim Indonesia berada di urutan ke-5 dari 70 negara. Mereka meraih dua medali emas dan dua medali perak.

Penyumbang medali emas adalah Joses Grady Nathanael, pelajar SMA Penabur Gading Serpong, dan Stephen Haniel Yuwono asal SMA Negeri 1 Purwokerto Jawa Tengah. Sedangkan peraih medali perak adalah Andhika Tangguh Pradana dari SMA Kharisma Bangsa Tangerang, dan Alimatun Nashira pelajar SMA 1 Teladan Yogyakarta.

Gelaran IChO kali ini bertempat di Middle East Technical University, Ankara, Turki dan kontingen Indonesia harus berkompetisi dengan sekira 270 peserta dari 70 negara. Posisi pertama diduduki China, dibuntuti Korea Selatan, Rusia, dan Thailand.

But the way, rileks dululah....admin ingin kenalkan sedikit dari banyak fakta penasaran tentang uniknya negeri kita dimata dunia.... ;0
Fakta Tentang Indonesia Yang Mendunia

Banyaknya persoalan dan pandangan negatif yang sedang dihadapi oleh Indonesia, diantaranya tentang dunia politik, keamanan, bahkan kesejahteraan rakyat kecil, sedikit banyak memang mempengaruhi citra pemerintah dan negara di mata masyarakat Indonesia sendiri maupun dunia internasional. Namun sebenarnya, sekedar saling mengingatkan bahwa negeri kita adalah negeri yang sangat kaya dan berpotensi, baik dari sumber daya alamnya ataupun dari budaya asli seperti sebagai negara dengan suku, bangsa, dan bahasa yang terbanyak di dunia. Selain itu juga terdapat beberapa prestasi dari anak-anak bangsa yang begitu membanggakan. 
Presiden Soekarno Di Mata Dunia  
Siapa yang tak kenal dengan pahlawan kita sekaligus presiden pertama yang menjadi presiden di indonesia ini sudah terkenal sampai ke luar negeri sampai sampai pemimpin amerika dahulu pun sampai hormat ke soekarno. Soekarno lahir di Surabaya pada tanggal 6 juni 1901.
Suatu hal yang lumrah apabila kita melihat seseorang berkorban demi apa yang dicintainya, demikian juga Bung Karno. Demi Indonesia Bung Karno mengabaikan penyakit yang menggerogoti dirinya. Bung Karno selalu tampil prima dihadapan publik, walau pada hakekatnya dia dalam keadaan lemah. Hal tersebut dilakukan demi menjaga rasa percaya diri seluruh rakyat Indonesia. Perhatikan  percakapan dokter pribadi beliau di akhir tahun 60-an. “Kalau Bapak bisa tenang sedikit, dan tidak berteriak-teriak, niscaya Bapak tidak akan mendapat ulcers.” Yang dimaksud dokter adalah peradangan pada lambung akibat sakit ginjalnya itu. Baru saja dokter berhenti memberikan nasihatnya, Bung Karno meradang dan berteriak, “Bagaimana aku bisa tenang kalau setiap lima menit menerima kabar buruk?” Berteriak adalah “hobi” Sukarno. Ia berteriak untuk memberi semangat rakyatnya. Ia berteriak juga untuk mengganyang musuh-musuh negara. Jika konteksnya adalah membakar semangat rakyat, maka Bung Karno adalah seorang orator ulung. Bahkan paling unggul pada zamannya. Sebaliknya, jika ia berteriak karena terinjak dan teraniaya harga dirinya sebagai presiden dan kepala negara, maka Sukarno adalah presiden paling berani yang pernah hidup di atas bumi ini.

“Inggris kita linggis! Amerika kita setrika!”, atau “Go to hell with your aid” yang ditujukan kepada Amerika.
“Malaysia kita ganyang. Hajar cecunguk Malayan itu! Pukul dan sikat jangan sampai tanah dan udara kita diinjak-injak oleh Malaysian keparat itu”, yang ketika itu Indonesia berkonfrontasi negara boneka bernama Malaysia.

Bukan hanya itu. Organisasi dunia yang bernama Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pun pernah dilawan. Tanggal 20 Januari 1965, Bung Karno menarik Indonesia dari keanggotaan PBB. Ini karena ketidak-becusan PBB dalam menangani persoalan anggota-anggotanya, termasuk dalam kaitan konflik Indonesia – Malaysia. Ada enam alasan yang tak bisa dibantah siapa pun, termasuk Sekjen PBB sendiri, yang menjadi dasar Indonesia menarik diri dari keanggotaan PBB.

Pertama, soal kedudukan PBB di Amerika Serikat. Bung Karno mengkritik, dalam suasana perang dingin Amerika Serikat dan Uni Sovyet lengkap dengan perang urat syaraf yang terjadi, maka tidak sepatutnya markas PBB justru berada di salah satu negara pelaku perang dingin tersebut. Bung Karno mengusulkan agar PBB bermarkas di Jenewa, atau di Asia, Afrika, atau daerah netral lain di luar blok Amerika dan Sovyet.

Kedua, PBB yang lahir pasca perang dunia kedua, dimaksudkan untuk bisa menyelesaikan pertikaian antarnegara secara cepat dan menentukan. Akan tetapi yang terjadi justru PBB selalu tegang dan lamban dalam menyikapi konflik antar negara. Indonesia mengalami dua kali, yakni saat pembebasan Irian Barat, dan Malaysia. Dalam kedua perkara itu, PBB tidak membawa penyelesaian, kecuali hanya menjadi medan perdebatan.
Selain itu, pasca perang dunia II, banyak negara baru, yang baru saja terbebas dari penderitaan penjajahan, tetapi faktanya dalam piagam-piagam yang dilahirkan maupun dalam preambule-nya, tidak pernah menyebut perkataan kolonialisme. Singkatnya, PBB tidak menempatkan negara-negara yang baru merdeka secara proporsional.

Ketiga, Organisasi dan keanggotaan Dewan Keamanan mencerminkan peta ekonomi, militer dan kekuatan tahun 1945, tidak mencerminkan bangkitnya negara-negara sosialis serta munculnya perkembangan cepat kemerdekaan negara-negara di Asia dan Afrika. Mereka tidak diakomodir karena hak veto hanya milik Amerika, Inggris, Rusia, Perancis, dan Taiwan. Kondisi yang tidak aktual lagi, tetapi tidak ada satu orang pun yang berusaha bergerak mengubahnya.

Keempat, soal sekretariat yang selalu dipegang kepala staf berkebangsaan Amerika. Tidak heran jika hasil kebijakannya banyak mengakomodasi kepentingan Barat, setidaknya menggunakan sistem Barat. Bung Karno tidak dapat menunjung tinggi sistem itu dengan dasar, “Imperialisme dan kolonialisme adalah anak kandung dari sistem Negara Barat. Seperti halnya mayoritas anggota PBB, aku benci imperialisme dan aku jijik pada kolonialisme.”

Kelima, Bung Karno menganggap PBB keblinger dengan menolak perwakilan Cina, sementara di Dewan Keamanan duduk Taiwan yang tidak diakui oleh Indonesia. Di mata Bung Karno, “Dengan mengesampingkan bangsa yang besar, bangsa yang agung dan kuat dalam arti jumlah penduduk, kebudayaan, kemampuan, peninggalan kebudayaan kuno, suatu bangsa yang penuh kekuatan dan daya-ekonomi, dengan mengesampingkan bangsa itu, maka PBB sangat melemahkan kekuatan dan kemampuannya untuk berunding justru karena ia menolak keanggotaan bangsa yang terbesar di dunia.”

Keenam, tidak adanya pembagian yang adil di antara personal PBB dalam lembaga-lembaganya. Bekas ketua UNICEF adalah seorang Amerika. Ketua Dana Khusus adalah Amerika. Badan Bantuan Teknik PBB diketuai orang Inggris. Bahkan dalam persengketaan Asia seperti halnya pembentukan Malaysia, maka plebisit yang gagal yang diselenggarakan PBB, diketuai orang Amerika bernama Michelmore.
Bagi sebagian kepala negara, sikap keluar dari PBB dianggap sikap nekad. Bung Karno tidak hanya kelua dari PBB. Lebih dari itu, ia membentuk Konferensi Kekuatan Baru (Conference of New Emerging Forces/ Conefo) sebagai alternatif persatuan bangsa-bangsa selain PBB. Konferensi ini sedianya digelar akhir tahun 1966. Langkah tegas dan berani Sukarno langsung mendapat dukungan banyak negara, khususnya di Asia, Afrika, dan Amerika Selatan. Bahkan sebagian Eropa juga mendukung.

Sebagai tandingan Olimpiade, Bung Karno bahkan menyelenggarakan Ganefo (Games of the New Emerging Forces) yang diselenggarakan di Senayan, Jakarta pada 10 – 22 November 1963. Pesta olahraga ini diikuti oleh 2.250 atlet dari 48 negara di Asia, Afrika, Eropa, dan Amerika Selatan, serta diliput sekitar 500 wartawan asing.:
Bung Karno dengan Conefo dan Ganefo, sudah menunjukkan kepada dunia, bahwa organisasi bangsa-bangsa tidak mesti harus satu, dan hanya PBB. Bung Karno sudah mengeluarkan terobosan jitu demi keadilan dunia ketiga kala itu. Sungguh betapa hebatnya Presiden Ir. Soekarno Dimata Dunia kala itu.  Bahkan beberapa negara masih menyimpan dan mengabadikan sosok soekarno pada sisi ruh tata negara dan nafas pandangan bernegaranya hingga kini sebagai pengakuan kenegarawanan pada sosok soekarno, presiden pertama RI. Tengok saja beberapa diaroma dibawah ini....
 
Tercetak pada perangko Philipina :
 Ir.Soekarno Dalam Perspektif Negara Adidaya:

http://lh3.ggpht.com/IFEP66Fq4mZUeVzfzns06vpSKUaiTGNzY2ng1WV7tCkS6JlxVCXZ-Bj2z60YyDWdsF37VJmXI7-YzrS0gmTwfT5n2Q 
Presiden Sukarno baru tiba di bandara Washington DC, AS, pada siang hari. Didampingi oleh wakil presiden AS, Richard Nixon, Bung Karno disambut penuh oleh pasukan AS dengan 21 kali tembakan kehormatan. Bung Karno tiba di Washington dalam rangka kunjungan selama 18 hari di AS atas undangan Presiden AS, David Dwight Eisenhower (Foto: 16 Mei 1956).
 
Presiden Sukarno menjadi tamu kehormatan Kaisar Jepang, Hirohito, dan pangeran Akihito. Bung Karno dijamu makan siang di istana kekaisaran Jepang di Tokyo (Foto: 3 Pebruari 1958).

Cover majalah TIMES tahun 1946
http://lh6.ggpht.com/H4XKGib-k6BKCrw7FnF2bLxq4DHfsqCYELhhWZ3ZO3Wh2OnjivKdGZH8CCqLXMvUTfPhJswdJuc7A1m5UjM_UDn0rg
 
  Kiprah Dalam Dunia International
Presiden Sukarno berdiri berdampingan dengan 4 pemimpin negara Non Blok setelah mereka selesai mengadakan pertemuan. Dari kiri kekanan : Pandit Jawaharlal Nehru (Perdana Menteri India), Kwame Nkrumah (Presiden Ghana), Gamal Abdul Nasser (Presiden Mesir), Bung Karno, dan Tito (Presiden Yugoslavia). Kelima pemimpin negara non blok ini mengadakan pertemuan yang menghasilkan seruan kepada Presiden AS, Eisenhower (Presiden AS) dan Perdana Menteri “Uni Soviet”/Rusia, Nikita Khruschev, agar mereka melakukan perundingan diplomasi kembali (Foto: 29 September 1960).
Presiden Sukarno bersama Perdana Menteri Perancis, Pompidou (Foto: 1965).
Presiden Sukarno sedang bercakap-cakap dengan Presiden Kuba, Osvaldo Dorticos Torrado (kiri), dan Perdana Menteri Kuba, Fidel Castro (kanan) di Havana, Kuba (Foto: 9 Mei 1960). 
Presiden Sukarno tiba di bandara Karachi, Pakistan. Didampingi oleh Presiden Pakistan, Iskander Ali Mirza, Bung Karno tampak sedang memberi hormat, diapit oleh bendera Indonesia dan bendera Pakistan (Foto: 25 Januari 1958).
Sukarno - mewakili kebangkitan AFRO ASIA dan dunia sebeleh timur beliau berhadapan dengan imperialis barat berjaya menggeledek menggelorakan semangat rakyatnya sehingga mencetuskan kebangkitan dunia baru untuk rakyat terjajah mereka berani berkorban nyawa demi kemerdekaan daripada belenggu penjajahan!

Apa Kata Dunia tentang indonesia ??
  
1.Bali
 
Tanyakan kepada turis mancanegara tentang Indonesia, pasti diantara jawabannya akan terselip satu nama daerah tujuan wisata, BALI. Barangkali karena Bali lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara sehingga artikulasi pada Indonesia seolah Bali adalah national identity karena gaung nama BALI yang telah mendunia karena kemahsyuran pesonanya.
2. Candi Borobudur
 
Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Lokasi candi borobudur adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya kota Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi adalah bangunan yang berbentuk stupa. Candi Borobudur adalah salah satu warisan budaya yang masuk kedalam guiness book record atau tercatat sebagai 7 keajaiban dunia.
3.Batik dan Kebaya
 
Batik dan kebaya adalah pakaian khas Indonesia yang dikenal  mengandung nilai-nilai filosofi  dalam setiap desainnya. Seiring trend mode dunia belakangan ini, kebaya dan batik pun di ikut sertakan di ajang fashion dunia interbasional oleh perancang-perancang nasional dan internasional. Indonesia pun menjadi salah satu pelopor dan penggagas untuk memperkenalkan satu pakain yang lazim dipakai oleh kaum hawa (wanita) dengan tanpa menepikan alur filosofinya, batik pun menjadi ciri mode yang unik, modis dan tidak kalah trendy dengan pakaian modern lainnya. 
 4.Budaya dan Tradisi
 
Sebagian budaya dan tradisi asli sudah kurang memiliki nilai dan terkikis oleh gelombang budaya luar yang masuk kadang tanpa filter sedikitpun. Tapi ada juga sebagian dari orang Indonesia yang berjuang melestarikan dan memperkenalkan budaya orgy Indonesia ke mancanegara.  Indonesia kaya dengan  adat serta budayanya, dari ritual keagamaan, adat, alat musik, seni tarinya, dan seni-seni purwarupa lainnya yang masih mengemban misi sejarah, filsafat, ragam sosial dan budaya yang jika kita takar dan nilai adalah mahakarya para leluhur dengan citarasa budaya dan essen seni bernilai tinggi sebagai bentuk alur sejarah, jatidiri bangsa dan keinginan bersosialisasi kepada seluruh dunia. 
5.Komodo 
Salah satu reptil nan langka peninggalan jaman prasejarah berupa kadal raksasa bernama KOMODO yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Beberapa ahli menyebut pulau ini sebagai pulau naga dan disinilah habitat komodo berada dan di lestarikan sebagai cagar budaya internasional karena merupakan satu-satunya pulau didunia yang didiami kadal raksasa  ini. Bahkan kendaraan militer buatan PT PINDAD Indonesia yang terkenalpun telah mengakuisisi nama KOMODO sebagai brand andalannya.
Jika hendak mendetail apalagi dicampur ragu berselip ambigu, admin masih bersedia lebih spesifik lagi  tentang negeri tercinta ini...nggak sia-sia travelling jika terbayar lunas oleh keindahan dan kemahsyuran sisi serta setiap celah ibu pertiwi :)
 


Bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Terdapat 17.504 pulau, dimana 9.634 pulau belum diberi nama dan 6 ribu pulau tidak berpenghuni. Yang semakin membanggakan adalah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia ada di Indonesia yaitu Kalimantan, Sumatera, dan Papua. Selain sebagai negara kepulauan, Indonesia juga terkenal sebagai negara maritim terbesar di dunia. Bayangkan saja, luas perairan Indonesia mencapai 93.000 km dan panjang pantai sekitar 81 ribu km² atau hampir 25% panjang pantai di dunia.

2.


Dunia telah mengakui bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak dan beragam. Hutan dengan luas 39.549.447 hektar di pulau sumatera, kalimantan, dan sulawesi terdapat keanekaragaman hayati dan plasma nutfah terlengkap di dunia. Jika hutan tersebut hilang maka bumi akan hancur karena bumi sangat tergantung pada hutan tropis untuk menjaga keseimbangan iklim, selain ditopang oleh hutan hujan yang ada di amazon. Hal itu membuktikan bahwa bumi dan kelangsungan hidup seluruh makhluk di dunia bergantung pada Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman bakau bermanfaat untuk mencegah pengikisan air laut atau abrasi.

3.


Kekayaan alam laut Indonesia ternyata juga luar biasa. Kekayaan itu antara lain adalah terdapatnya spesies ikan hiu terbanyak di dunia yaitu sekitar 150 spesies, terdapatnya ikan terkecil di dunia tepatnya di Sumatera yang panjang tubuhnya 7.9 mm, transparan, dan tidak bertulang kepala. Indonesia juga memiliki gugusan terumbu karang terbanyak dan terindah yang disebut segitiga coral, namun 65% dari 75.000 km² segitiga coral itu ada di Indonesia. Itulah sebabnya Indonesia menyumbang 18% terumbu karang bagi perairan dunia.

4.


Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Indonesia berada di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.

5.

Siapa yang tak mengenal produk peragaan busana terkenal kelas dunia GUCCI asal Italia. Produk langganan publik figur dunia tersebut ternyata menggunakan kain tenun asal Indonesia sebagai bahan bakunya. Hal tersebut secara tidak langsung menunjukkan bahwa kain tenun asal Indonesia telah diakui oleh dunia. Seperti kain tenun yang mendunia, ternyata orang Indonesia pun telah banyak yang berkarya untuk dunia. Salah satunya yaitu, Ir. Ahmad Murdijad, warga negara Indonesia yang memang bermukim di Kuala Lumpur, Malaysia selama belasan tahun lamanya itu adalah perancang menara Kuala Lumpur di Malaysia yang merupakan menara keempat tertinggi di dunia.

6.


Selanjutnya adalah fakta bahwa banyak peninggalan purbakala yang ternyata ada di Indonesia. Di dunia fauna ada komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan peninggalan hewan purba dan komodo hanya ada di Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Kini kepopuleran komodo terutama setelah terpilih menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia semakin mendunia. Ditemukannya fosil manusia purba tertua di dunia yang diperkirakan berasal dari 1.8 juta tahun yang lalu. Fosil yang disebut phitecantrophus erectus itu ditemukan di Jawa Tengah.

7.


Dan Fakta yang mendunia dan membanggakan yang terakhir dari Indonesia adalah tentang Nelson Mandela yang ternyata terinspirasi oleh Syekh Yusuf dari Makassar. Syekh Yusuf yang merupakan tokoh agama sekaligus pejuang melawan Belanda memang pernah dibuang ke Afrika Selatan oleh Belanda. Ternyata perjuangannya telah mengispirasi Nelson Mandela, bapak pejuang hak asasi manusia dunia untuk menghapus apharteid atau pemisahan ras yang pernah berlaku di Afrika Selatan. Apa yang dilakukan Syekh Yusuf telah memberi andil bagi perubahan dunia. Bahkan Nelson Mandela pernah berkata tentang Syekh Yusuf “pahlawan Indonesia tersebut adalah salah seorang putra Afrika terbaik”.


Terbuktikan jika Indonesia - disamping memiliki kekayaan alam yang luar biasa, juga memiliki kekayaan intelektual dari para rakyatnya yang kini, hasil penemuan dan inovasi mereka dipakai secara internasional…

1. Tjandramukti
 
Peneliti pertanian tropis dan salah satu pelopor mixed farming yang mengabdikan hampir seluruh hidupnya di desa ini, sekitar tahun 2000 berhasil menemukan varietas kedelai baru yang memiliki produktifitas yang tinggi, mencapai 3,4 ton per hektar (salah satu yang tertinggi di daerah tropis secara internasional ), dibandingkan rata- rata nasional yang hanya 1,3 ton per hektar.
Kedelai ini memiliki ukuran besar, protein yang tinggi (43,9 %), umur yang pendek (72 hari), dan memiliki kemampuan adaptasi yang baik di daerah tropis bila ditanam dengan best practice yang beliau kembangkan. Hasil pemurnian bertahun- tahun dalam keadaan yang terkontrol, pada akhirnya menghasilkan dua varietas kedelai unggul, yang pertama telah diserahkan kepada pemerintah daerah dan di daftarkan menjadi benih kedelai unggul nasional dengan nama Kedelai Grobogan, sedang varietas yang lain belum didaftarkan.
Selain kedelai, beliau juga menemukan konsep sumur resapan komunal untuk memanen air hujan di lahan persawahan serta metode optimalisasi tanaman subtropis di daerah tropis seperti ketela pohon, jagung, dan kedelai.

2. Mujair
  
Mujair adalah nama seorang bapak yang pada tahun 1939 menemukan ikan yang pada akhirnya dinamai dengan nama yang sama di Muara Sungai Serang, Blitar. Beliau berhasil mengembangbiakkan ikan yang bukan asli perairan Indonesia dan menjadi populer hingga sekarang. (baru tau ternyata mujair ntu nama orang ) pak mujair itu mengembangbiakkan ikan yang aslinya ikan laut menjadi ikan air tawar …!!!

3. Prof. Poorwo Soedarmo
 
Anda pasti hapal apa itu Empat Sehat Lima Sempurna, suatu slogan yang sangat mudah diingat dan tidak dapat dipungkiri berhasil dalam menyehatkan masyarakat Indonesia. Slogan atau lebih tepatnya konsep ini dicetuskan oleh seorang tokoh gizi Indonesia kelahiran Malang pada tahun 1904 bernama Poorwo Soedarmo. (ini juga di SD udah terkenal slogannya tapi penemunya kok ane baru tau )

4. Tjokorda Raka Sukawati
 
Sistem pembuatan penyangga jalan layang secara sejajar dengan jalan yang akan dibuat, dan dapat diputar dengan mudah bila akan digunakan. Sistem ini menghemat tempat, sehingga tidak memacetkan lalu lintas di bawahnya bila sebuah jalan layang dibuat di atas jalan lain .

5. Prof. Ir. R.M. Sedyatmo
Lulusan ITB angkatan 1934 ini berhasil menemukan pondasi cakar ayam pada tahun 1962. Sistem pondasi ini memungkinkan pembangunan di atas lahan yang labil, seperti landasan pacu pelabuhan udara Soekarno Hatta, Jakarta, dan banyak bangunan lain di seluruh dunia. 

6. Mukibat
  
Pak Mukibat adalah petani sederhana dari Kediri, pada tahun 1950 beliau menemukan sistem penanaman singkong yang revolusioner. Beliau menempelkan batang ketela pohon karet yang daunnya rimbun di atas ketela pohon biasa (grafting). Setelah di tanam hasilnya sangat luar biasa. Dengan sistem pemanenan berulang, sebuah ketela pohon dapat memproduksi hingga 5 kali lipat dari yang biasanya. Untuk menghormati sistem tempel pada ketela pohon saat ini secara internasional dinamai sistem Mukibat.

7. BJ HABIBIE
 
BJ.Habibie juga salah satu penemu besar dari Indonesia. Siapa yang tak mengakuinya sebagai manusia super jenius nan langka pada bidang yang paling disegani keilmuwannya ?? Ya, aeroneutica, Jerman telah menganggapnya sebagai sosok jenius yang disandingkan dengan ilmuwan negerinya secara terhormat dan setara. Dia adalah penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang)

8. Michael Iskandar a.k.a Om Chia

 
Mesin Big Bang yang di pakai dan si sukai Valentino Rossi. Sejak tahun 1949, Om Chia menjadi pembalap yang membawa bendera Suzuki. Loyalitasnya pada profesi yang dijalani melahirkan kepercayaan dah hasil yang maksimal. Hingga akhirnya pada tahun 60-an Om Chia berputar haluan, namun tetap dalam koridor dunia balap dengan menjadi mekanik.
Sejak saat itu, karirnya terus meningkat dan terus berkreasi sesuai iklim balap Indonesia dan mengawal berbagai pembalap tanah air. Namanya yang dikenal sebagai pembalap Suzuki ditahun 1949, kemudian berlanjut menjadi bagian tim riset balap motor Suzuki di tahun 1963 dan juga sebagai tokoh dibelakang suksesnya prestasi balap motor Indonesia. Beliau meninggal 4 Mei 2010.

9. Prof. Dr. Khoirul Anwar
 
Prof. Dr. Khoirul Anwar adalah pemilik paten sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) adalah seorang Warga Negara Indonesia yang kini bekerja di Nara Institute of Science and Technology, Jepang.
Khoirul adalah lulusan dari Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung dengan Cum Laude di tahun 2000. Meraih gelar master dan doktor dari Nara Institute of Science and Technology (NAIST) pada tahun 2005 dan 2008. Ia menerima IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.

10. Pak Minto
 
BERAWAL dari pemikiran, suatu saat kayu hutan dan minyak bumi akan habis. Minto, guru SD Negeri Prambon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, memikirkan pembuatan kompor tenaga surya. Ketika itu tahun 1986. Pengetahuannya tentang sifat lensa dan penyerapannya terhadap panas mengilhami pembuatan kompor tenaga Matahari itu. so.........
Telah habiskah kejayaan dan bahasan prestasi Indonesia ?? uppsss..., masih antre dan tak akan pernah cukup tergores disini fakta-fakta jaya Indonesia :)
Minumlah dulu, hehehe jaga selalu kesehatan....istirahatkan mata anda sejenak, OK ??
Terpesona dengan The Amazing Spiderman, Avatar, aksi robot di Transformer dan baju besi Iron Man, atau mungkin menunggu peluncuran The Hobbit, kisah lanjutan Lord of The Rings? Daftar di atas hanya beberapa dari deretan film yang dihasilkan oleh tangan animator dari Indonesia!
Siapa saja mereka dan apa karyanya yang mendunia?


1 . Christiawan Lie
Biasa dipanggil Chris Lie, lulusan ITB dan peraih beasiswa full bright di Savannah College of Art and Design, Amerika Serika ini menjadi salah satu animator di beberapa film terkenal seperti Transformer 3, GI Joe, dan Spiderman 4.

Selain animator, Chris Lie juga dikenal sebagai komikus hebat. Petualangannya di Amerika dimulai tahun 2005 saat mengikuti kompetisi action figure GI Joe. Karyanya terpilih sehingga dilibatkan dalam pembuatan GI Joe Sigma 6. Sumbangsihnya untuk Indonesia juga bisa dilihat pada komik Baratayuda yang meraih penghargaaan sebagai cerita dan komik anak terbaik di Anugerah Komik Indonesia 2011.Sekarang ia mendirikan Caravan Studio di Indonesia.


2. Rini Triyani Sugianto
Sejak kecil jadi penggemar komik Tintin hingga berlanjut ketika lulus dari Academy of art University, San Fransisco, ia dipercaya ikut terlibat dalam pembuatan The Adventure of Tintin: Secret of The Unicorn.

Dia juga mengerjakan film animasi lain seperti The Avenger. Berkat kepiawaiannya, ia ditarik oleh Weta Digital, rumah produksi yang menggarap film Tintin. Perusahaan ini juga yang menggarap animasi film semacam Avatar, King Kong, Lords of The Ring, dan X-Men: First Class. Saat ini, Rini sedang fokus dengan animasi pada film yang akan segera dirilis, The Hobbit.


3. Andre Surya
Melalui kecerdasannya mengolah efek film, lulusan DKV Universitas Tarumanegara ini bisa ikut terlibat dalam film Star Trek, Terminator Salvation, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Iron Man 2, hingga Transformers: Revenge of the Fallen.

Setelah berkecimpung di kancah global selama 10 tahun, kini ia kembali ke Jakarta mendirikan studio Enspire Studio. Karya teranyarnya The Escape meraih Best short Competition-Award of Merit di Amerika Serikat, serta Best Short Animation pada festival film di Los Angeles.


4. Marsha Chikita Fawzi
Ingat Upin-Ipin? Marsha Chikita Fawzi yang akrab dipanggil Kiki ini punya kiprah di dalamnya. Sebagai putri bungsu pasangan Ikang Fawzi - Marissa Haque, awalnya ingin kuliah seni murni di ITB tetapi ditentang orang tua, sehingga beralih memilih Multimedia University di Malaysia.

Sekarang Kiki kembali ke Indonesia membuat perusahaan animasi. Ia berharap Indonesia akan punya intelectual property (IP) yang sangat bercita rasa tanah air. Layaknya Upin-Ipin merupakan IP Malaysia karya Las' Copaque Production.


5. Griselda Sastrawinata
Pindah ke Amerika Serikat saat kelas 2 SMA lalu melanjutkan pendidikan di Art Center College of Design, Pasadena.

Ia kemudian diterima bekerja di studio animasi Dreamwork. Karya-karya perusahaan ini bisa dilihat seperti Kungfu Panda, Madagascar, dan Monster Aliens Inc.


6.  Wira Winata
Lulusan Nanyang Polytechnic, Singapore dan Art Centre College of Design yang awalnya menyelesaikan film animasi The Little Red Plane sebagai final project untuk kelulusan di Art Center.

Siapa sangka, kini dengan perusahaan yang didirikan, Shadedbox, ia merambah dunia animasi di kancah global.


7.  Pamela Halomoan
Karya Pamela telah dinkmati masyarakat Singapura, Amerika, Inggris, hingga Turki.

Ia menciptakan karakter Wolly, babi lucu yang menarik perhatian pengunjung saat dipamerkan di Game Toy Comic Convention di Singapura.
Mendapat rekor dunia adalah impian semua orang, tapi untuk mendapatkan gelar ini sangatlah sulit. Untuk mendapatkannya dibutuhkan bakat dan kerja keras,.Tercatat beberapa nama dari Indonesia yang mampu mendapatkan gelar ini dan namanya tercatat di Guinness Book of Record....

1. Dominic Brian
Bocah 12 tahun asal Kuta, Bali mencatatkan namanya dalam buku rekor dunia Guinness World Records setelah berhasil menunjukkan kemampuannya mengingat 76 deret angka hanya dalam 60 menit. Anak dari Gidion Hindartho itu masuk dalam buku catatan rekor dunia yang diterbitkan perusahaan bir hitam Guinness, setelah menunjukkan kemampuannya pada acara pemecahan recor yang dilaksanakan di taman satwa Bali Zoo Park di Gianyar, Bali, 15 Agustus 2009. Perwakilan Guinness World Records Asia, Alex Iskandar Liew, memuji kemampuan yang ditunjukkan Brian. Selain itu, ia juga menilai hal itu sebagai rekor unik, mengingat umur yang bersangkutan masih tergolong anak-anak menuju remaja. Meski begitu, rekor dunia yang dipecahkan Dominic Brian diperkirakan akan banyak mengundang munculnya penantang baru yang akan berusaha mengungguli rekor tersebut. “Keunikannya karena pemecah rekor itu masih sangat muda, 12 tahun. Usaha untuk mampu mengingat seratus angka bukanlah hal yang gampang,” ujar Alex Iskandar Liew.

Menurutnya, kemampuan Brian sangat luar biasa, sebab dalam waktu yang sangat singkat mampu mengingat sampai 76 deret angka. Kemampuan seperti itu jarang dimiliki oleh anak-anak seusianya, dan jika ada yang ingin menyamai atau bahkan mengungguli, memerlukan waktu belajar yang cukup lama.
“Ini merupakan pelatihan memori kekuatan otak atau biasa disebut `power brain`. Semua orang sebenarnya bisa memaksimalkan daya ingat seperti yang dilakukan Brain. Anak-anak usia kelas tiga atau kelas empat sekolah dasar sebenarnya dapat dengan mudah mengingat seratus angka jika dilatih dengan metode yang tepat ” .
Sementara itu, Dominic Brian mengaku hanya perlu waktu dua bulan untuk berlatih mengingat deret angka dalam waktu cepat, walaupun dalam satu hari hanya berlatih tiga kali. Dia menyatakan akan terus berlatih mengingat deret angka, guna dapat terus mencoba memperbaiki rekor yang dibuatnya, selain bersiap menghadapi para penantang yang diperkirakan segera bermunculan. Brian juga berhasil memecahkan rekor pada Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu mengingat 52 kartu selama 100 detik dan mengingat 100 angka dalam waktu 12 menit pada 16 Agustus 2009.


2. Kunto Hartono
Kunto Hartono mengukir namanya dalam Guinness Book of World Records, setelah Kamis (1/1) siang berhasil menabuh drum 72 jam secara non stop. Bukan itu saja, atas prestasi itu, ia juga mendapat penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) dan beasiswa kuliah di Universitas Trisakti, Jakarta sampai meraih gelar sarjana.

Kunto yang lahir di Banyuwangi ini memulai perjuangannya di Gelanggang Remaja Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Senin (29/12) pukul 09.15 WIB dan berakhir Kamis (1/1) pukul 11.15 WIB. Rekor 72 jam yang di pegang Kunto otomatis telah memecahkan rekor dunia 60 jam yang telah ditoreh oleh Alvaro Lopez dari Amerika Latin, Mei 2003 silam.

Dan Kunto yang seari-harinya berprofesi sebagai tukang vermak jeans ini telah menjadi orang kedua dari Indonesia yang namanya masuk di Guinness Book of World Records, setelah pebulutangkis Rudy Hartono menjuarai All England delapan kali berturut-turut.

Pada acara yang bertajuk LA Light Spectacular Drumming Marathon World Record ini, Kunto berhasil mengiringi beberapa band diantaranya: The Fly, Shaggydog, Sheila on 7, Jikustik, The Groove, serta Wayang. Dan pada menit-menit terakhir menjelang 72 jam, Menteri Negara Kebudayaan dan Pariwisata I Gde Ardhika dan Rektor Universitas Trisakti Thoby Mutis hadir untuk memberi semangat dan dukungan kepada Kunto .


3. Penyelaman masal
Para penyelam duduk di dasar laut pada pemecahan rekor dunia penyelaman massal di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, kemarin. Sebanyak 2.861 penyelam ikut dalam acara ini dan memecahkan rekor sebelumnya di Maladewa pada 2006 yang melibatkan 979 penyelam.

Sebanyak 2.861 penyelam dilibatkan dalam pemecahan rekor dunia selam di Pantai Malalayang, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), kemarin, dengan catatan waktu 31 menit.

Rekor yang masuk dalam Guinness Book of Records itu menjadi kado HUT Ke-64 Kemerdekaan RI. "Menyambut HUT RI dengan rekor dunia merupakan sebuah momentum penting yang tidak bisa dilupakan seluruh masyarakat, apalagi dunia saat ini menatap bangsa Indonesia," Pemecahan rekor dunia yang disaksikan langsung oleh wakil Guinness Book of Records dari London, Inggris, itu telah menjual potensi alam dan sumber hayati luar biasa yang dimiliki bangsa Indonesia.Ikut menyaksikan pula Menteri Kelautan dan Perikanan Freddy Numberi.

Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Moekhlas Sidiq memimpin langsung pemecahan rekor tersebut. Pemecahan rekor dunia ini dilakukan tepat pukul 10.00 Wita,diikuti 2.861 orang,termasuk 51 partisipan dari mancanegara dan 35 orang VIP. Setelah 31 menit menyelam, secara bergelombang semua peserta menyudahi penyelaman. Pencapaian tersebut sangat luar biasa karena rekor dunia selam terakhir di Maladewa dipecahkan oleh 979 penyelam. Rekor yang diciptakan di Indonesia, katanya, belum tentu bisa dipecahkan dalam 10 tahun ke depan.
Believe or not !!.....Ternyata Penemu Planet Itu Orang Indonesia juga lohh.... :-s


HIP 13044 b adalah nama planet seukuran planet Jupiter yang baru ditemukan dan lahir di luar galaksi kita, Milky Way. Sang penemu adalah Johny Setiawan, ahli astrofisika kelahiran Jakarta 16 Agustus 1974.

Johny dan timnya menemukan planet tersebut ketika melihat benda bergerak mengelilingi induk bintangnya. Menggunakan spectrograph dengan teleskop 2,2 meter di European Southern Observatory's La Silla Observatory, Cile, ia meyakini bahwa benda itu adalah sebuah planet.

“Penemuan ini adalah bagian dari studi kami. Kami selalu mencari exoplanets yang mengorbit di sekitar bintang yang hampir mati,” kata Johny, yang berkerja di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA) dan penulis Science paper.

Exoplanet atau extrasolar planet adalah planet yang berada di luar sistem tata surya kita. “Penemuan ini membuat kami semangat. Sebab, letaknya yang sangat jauh dari bumi sekitar 2.000 tahun cahaya,” kata Johny, yang kini tinggal di Heidelberg, Jerman.

Jarak HIP 13044 b yang dekat dengan induk bintangnya itu membuat masa orbitalnya hanya 16 hari. Bintang itu sendiri sudah melawati fase red giant, yakni ukurannya membengkak dari diameter aslinya sebelum mati karena kehabisan hidrogen.

Menurut Johny, matahari kita pun akan mengalami hal serupa dalam sekitar lima miliar tahun mendatang. “Bintang itu berputar relatif cepat,” katanya. “Akibatnya, bintang itu menelan planet di sekitarnya saat terjadi fase red giant. Setelah itu putarannya malah lebih cepat lagi.”

Johny, yang mengusai lima bahasa: Indonesia, Jerman, Inggris, Perancis, dan Spanyol, menambahkan bahwa masih ada pertanyaan yang berlum terjawab tentang bagaimana planet itu bisa terbentuk. Padahal, planet itu mengorbit di sekitar bintang yang memiliki sedikit elemen kimia, selain hidrogen dan helium.

Ini merupakan kejadian langka. “Ini masih teka-teki. Bagaimana bisa bintang yang hanya mengandung sedikit elemen kimia dapat membentuk sebuah planet,” kata Johny. “Planet di sekitar bintang seperti ini pasti terbentuk tidak seperti planet pada umumnya.”
Woooowww......ckckckckk nah sekarang siapa sih most wanted untuk edisi berikut, Orang-orang Indonesia Pertama Yang Telah Mengguncang Dunia ..... ???


Banyak diantara kita yang belum mengetahui bahwa ada banyak orang Indonesia yang mengguncang dunia karena prestasi mereka. Prestasi yang diakui bangsa lain tersebut tentunya membanggakan Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia juga patut di perhitungkan di kancah internasional. Apalagi diantara mereka ada yang merupakan orang pertama yang melakukannya di dunia. Dari sekian banyak orang Indonesia yang membanggakan, berikut beberapa nama orang Indonesia  yang mengguncang dunia dengan segala prestasi internasionalnya.

1. Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar ( ISSEMU )

Orang Indonesia pertama yang mengguncang dunia adalah sebuah tim yang tergabung dalam Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar atau ISSEMU.


Tim tersebut berhasil mendaki 7 puncak tertinggi benua di dunia yang meliputi Puncak Carstensz Pyramid di Papua Indonesia, Puncak Gunung Kilimanjaro di Afrika, Puncak Gunung Elbrus di Rusia, Puncak Gunung Vinson Massif di Antartika, Puncak Gunung Aconcagua di Argentina, Puncak Gunung Everest di Nepal, Puncak Gunung Denali di Amerika Utara. Dan anak muda berusia 20 tahunan itu secara otomatis mendapat julukan sebagai “The Seven Summiteers” gelar internasional bagi mereka yang berhasil mencapai 7 puncak tertinggi di dunia. Sebenarnya, usaha mencapai gelar ini telah dimulai oleh Almarhum Norman Edwin dan Almarhum Didiek Samsu Wahyu Triachdi yang merupakan mahasiswa pecinta alam dari Universitas Indonesia. Sayangnya, langkah mereka harus terhenti di gunung Aconcagua ketika jenazah keduanya di temukan di gunung tersebut. Dan setelah musibah itu, pendakian untuk menggapai gelar “The Seven Summiters” bagi Indonesia bagai hilang begitu saja.


Hingga akhirnya awal tahun 2009, mahasiswa pecinta alam dari Universitas Parahyangan, Bandung tersebut berhasil mencapai Carstenz Pyramid kemudian melanjutkan mendaki 6 puncak lainnya hingga tahun 2011. Dengan prestasi membanggakan ini, kini Indonesia memiliki The Seven Summiters pertama. Dan juga menandakan bahwa Indonesia akan segera bergabung bersama dengan 52 negara yang memiliki pendaki bertitle “The Seven Summiteers”.

2. Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A.




Gelar “Sir” adalah gelar prestisius yang identik dengan gelar kebangsawanan di Inggris. Tidak sembarang orang di luar negara persemakmuran Inggris dapat di beri gelar “Sir” oleh kerajaan Inggris. Namun ternyata ada juga orang Indonesia yang diberi gelar “Sir” , yaitu Prof. Dr. Azyumardi Azra. Mantan rektor sebuah Universitas swasta di Jakarta ini menerima penghargaan dari Ratu Elizabeth II sebagai “The Commander of The order of The British Empire” atau cbe award alias panglima kerajaan Inggris. Penghargaan diberikan karena Azyumardi dinilai berjasa dalam memberikan kontribusi penting dalam membangun hubungan baik antar agama di tingkat internasional, khususnya antara Indonesia dan Inggris. Hal ini terutama Azyumardi lakukan ketika ia menjadi ketua bersama uk-Indonesia Islamic Advisory Council atau dewan penasehat Islam Inggris-Indonesia yang di bentuk oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan perdana menteri Tony Blair pada Maret 2006. Dengan gelar tersebut, maka ia berhak menyandang gelar “Sir” pertama di Indonesia.

3. Arthur Irawan

Remaja Indonesia berusia 19 tahun itu adalah seorang pemain sepakbola di klub Segunda Espanyol B dengan posisi sebagai Bek Kanan maupun Gelandang Tengah. Espanyol melihat bakat remaja dengan tinggi badan 1,75 Meter ini ketika Arthur masih memperkuat klub amatiran di Inggris, Lytham Town.


Yang membanggakan lagi, pemain muda menjanjikan dari Indonesia tersebut ternyata juga menarik perhatian klub sepakbola asal Inggris, Manchester United. Nama Arthur Irawan sempat mencuat berkaitan dengan seleksi timnas Indonesia U-23 ketika timnas masih di latih Alfred Riedl. Tapi karena remaja asal Surabaya, Jawa Timur ini masih di anggap terlalu muda, Alfred pun menolaknya. Padahal Arthur sangat berharap bisa membela Indonesia, karena seperti yang pernah ia tuturkan motivasinya membela Indonesia karena ia mencintai bangsa ini. Dan Arthur admin pilih sebagai pemuda yang bisa memahami jati dirinya, ruh nasionalismenya semoga menjadi pemanggil jiwa-jiwa muda yang mencintai tanah airnya. Menjadi satu tekad yang utuh dengan semangat garuda didada demi membela tegaknya sang dwi warna, MERAH PUTIH.

4. Yusof Bin Ishak


Jika seseorang yang berasal dari satu negara menjadi presiden di negaranya sendiri, hal itu adalah hal biasa. Namun, jika orang tersebut tidak berasal dari negara tersebut namun berhasil menjadi presiden di negara itu, hal ini barulah luar biasa.


Peristiwa langka itu di alami oleh Yusof bin Ishak, seorang Sumatera Barat yang menjadi presiden Singapura. Bahkan Yusof yang menutup usia di umur 60 tahun itu merupakan presiden pertama Singapura. Yang semakin membanggakan, wajah Yusof pun di abadikan pada pecahan-pecahan uang Singapura.


Pada tanggal 3 Desember 1959, Yusof memang telah menjadi warga Singapura, di lantik sebagai kepala negara atau di sebut “Yang di-Pertuan Negara Singapura”. Kemudian pada tanggal 9 Agustus 1965 saat Singapura keluar dari Federasi Malaysia dan merdeka, status ia berubah menjadi presiden hingga tahun 1970.

5. Jeffrey Polnaja


Adalah Jeffrey Polnaja orang Indonesia pertama yang berkeliling dunia dengan sepeda motor seorang diri. Aksi pria asal Bandung, Jawa Barat ini di kukuhkan di museum rekor dunia Indonesia. “Kang JJ” begitu dia biasa di panggil, memang menyukai aktivitas bertualang. Tahun 1978, pria 50 tahun ini memulai perjalanannya mengendarai sepeda motor seorang diri melintasi seluruh pulau Jawa sampai Bali. Namun pada tahun 2001 saat hendak memulai perjalanan keliling dunia yang ingin dia dedikasikan untuk perdamaian, Kang JJ mengalami kecelakaan hingga ia nyaris lumpuh. Namun untunglah hanya dalam waktu 6 bulan Kang JJ sudah pulih kembali. Setelah pulih, pada April 2006 Kang JJ meninggalkan tanah air dan memulai perjalanan menjelajah dunia dengan naik motor. Dalam perjalanannya itu, ia berbagi semangat perdamaian dan keprihatinannya akan pemanasan global kepada setiap orang, dan tentunya mempromosikan Indonesia di pentas dunia. Pada 30 November 2008, Kang JJ kembali ke tanah air. Tak kurang dari seribu motor menyambut kedatangannya, termasuk Adhyaksa Dault yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Karena dedikasinya itu, Jeffrey Polnaja mendapat berbagai penghargaan diantaranya Lifetime Achievement Award dari Ikatan Motor Indonesia atau IMI, sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan bagi insan otomotif di Indonesia.

6. Rudy Hartono Kurniawan 
Indonesia dikenal sebagai gudang atlet pebulu tangkis berkelas dunia, olahraga yang semakin diminati diseluruh dunia dan salah satu cabang olahraga tertua didunia yang masih paling eksis diselenggarakan hingga kini. Om Rudy bukan hanya sebagai simbol admin mewaki atlet dalam dunia bulu tangkis Indonesia, namun beliau memang memiliki prestasi yang gemilang yang tak hanya Indonesia mencatatnya, tapi dunia mengenangnya pula. Cabor ini memang sering memunculkan nama-nama besar Indonesia dikancah dunia, sebut semisal : Icuk sugiarto,Susi Susanti, Taufik Hidayat, Alan Budi Kusuma, Ivana li, Rexy mainaki/Ricky Subagya, Tontowi/Liliana  dan beberapa ganda putra/putri serta campuran (kejuaraan dunia 2013 pasangan ganda putra dan campuran andalan Indonesia kembali menjadi JUARA) sudah kerap menjadi duta internasional. Namun admin yakin jika bicara bulutangkis, maka sah dan wajib kita mengenal satu nama yang menjadi legenda, RUDY HARTONO KURNIAWAN. 
d

Merupakan orang Indonesia yang telah mengukir sejarah di bidang olahraga dunia yakni bulutangkis. Pria yang berusia 63 tahun itu adalah satu-satunya pebulutangkis di dunia yang berhasil menjuarai All England, kejuaraan bergengsi bulutangkis untuk nomor tunggal putra sebanyak 8 kali dan 7 kali secara berturut-turut. Rudy berhasil meraih gelar All England pertamanya di usianya yang masih muda yaitu 18 tahun. Prestasi yang dimiliki Rudy ini telah mencatatkan namanya di Guiness Book of Record pada tahun 1982. Dahulu, Rudy meninggalkan kuliahnya di fakultas kedokteran universitas Airlangga Surabaya, Jawa Timur demi bulutangkis. Kini, Rudy tidak lagi aktif di bulutangkis karena faktor usia dan kesehatan. Mantan atlet yang mengaku bahwa berdoa adalah rahasia keberhasilannya ini telah menjalani operasi jantung di Australia pada tahun 1988. Walaupun demikian, kecintaan Rudy Hartono terhadap bulutangkis tidak akan pernah mati.

7. Ashin Jinarakkhita Almarhum Ashin Jinarakkhita juga di kenal dengan panggilan Bhante Ashin. Dia adalah Bhikkhu Indonesia pertama yang di tahbiskan pada tahun 1953.



Setelah menjadi Bikkhu, pria kelahiran Bogor 23 Januari 1923 ini kemudian belajar spritual lebih lanjut di Myanmar selama 2 tahun. Kemudian pada tahun 1955, ia kembali ke pulau Jawa lalu bekerja keras membangun kembali Wihara dan perkumpulan Buddhis dan juga mengadakan perayaan Waisak secara nasional untuk pertama kalinya setelah beratus-ratus tahun di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Karena kegesitannya pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk menyebarkan ajaran Budha saat awal berdiri itu, Bikkhu yang menutup usia di umur 79 tahun itu sampai-sampai di juluki “The Flying Monk” oleh umat Budha di Malaysia dan Singapura. Atas segala usahanya dalam mengembangkan agama Budha, pria yang lahir dengan nama “The Boan An” ini menjadi salah seorang yang berpengaruh dalam Budha di Indonesia.
8. Chris John
Mewakili dunia tinju Indonesia ke kancah internasional secara gemilang. Sebelumnya kita juga memiliki nama Ellyas Pical, M. Rachman  yang juga pernah mengharumkan dunia tinju Indonesia ke pentas juara dunia.

Data diri 
Nama :Yohannes Christian John
Julukan :The Dragon
Kelas: Featherweight
Tinggi: 5 ft 6.5 in (1.69 m)
Jangkauan: 65 in (170 cm)
Kebangsaan :    Indonesia
Lahir: 14 September 1979 (umur 33)
Banjarnegara, Indonesia (Tinggal di Semarang)
Gaya : Orthodox
Catatan pertandingan
Total tanding; 51
Menang :48
Menang KO: 22
Kalah: 0
Imbang: 3
Kejuaraan dunia 
Meraih gelar juara kelas bulu WBA
Menang melawan Osamu Sato di Tokyo, Jepang
Seri melawan Jose Cheo Rojas yang pertama
Menang melawan Derrick Gainer
Menang melawan Tommy Browne di Australia
Menang melawan Juan Manuel Marquez Mendez
Menang melawan Renan Acosta
Menang melawan Jose Cheo Rojas yang kedua
Menang melawan Zaiki Takemoto di Kobe, Jepang
Menang melawan Roinet Caballero di Jakarta, Indonesia
Menang melawan Hiroyuki Enoki
Seri melawan Ricardo Rocky Juarez
Menang melawan Ricardo Rocky Juarez
Menang Melawan Fernando David Saucedo
Menang melawan Daud Cino Yordan
Menang melawan Stanyslav Merdov
Menang Angka Mutlak atas Shoji Kimura
Menang Angka Mutlak atas Cholantarn Piriyapinyo
Seri Melawan Satoshi Hosono
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


 
Artis Indonesia yang Berprestasi Internasional ini telah berhasil mewujudkannya dalam setahun terakhir. Mereka adalah para artis yang masuk dalam nominasi Outstanding International Achievement di OMG! Awards.


1. Agnes Monica



Sekitar 2005, untuk albumnya “Whaddup A…?!” Agnes berkolaborasi dengan penyanyi dari Amerika Keith Martin. Ia juga berpartisipasi dalam Asia Song Festival di Korea Selatan dan menerima penghargaan “Best Asian Artis Award”. Di 2010, Agnes terpilih menjadi host acara American Music Award di Los Angles. Sedangkan tahun ini, Agnes mendapatkan penghargaan di ajang Shorty Awards untuk kategori Singer Shorty Awards dan Fashion Shorty Awards. Tidak hanya kemampuannya di dunia musik yang diakui dunia International, tapi juga kemampuannya berakting. Agnes sempat tampil di beberapa drama Taiwan, yaitu "The Hospital" dan "Romance In The White House".


2. Dian Sastrowardoyo


Melalui perannya di berbagai film, Dian berhasil menyabet beberapa penghargaan internasional, salah satunya sebagai Best Actress di Deauville Asian Film Festival (2002), Singapore International Film (2002), dan Hawaii International Film (2003). Dia juga memenangi kategori Most Promising Actress di Asia Pacific Film Festival (2005). Lalu di ajang Pusan International Film Festival (2009), Dian berhasil meraih Silver Award For Leading Female Performance. Sekitar 2009, Dian mendapatkan penghargaan Actress of the Year di Elle Film Magazine Award.
Tahun ini, Dian Sastrowardoyo ditunjuk sebagai duta untuk Loreal Paris Indonesia dan hadir di Festival Film Cannes 2012 mewakili Indonesia. Ia berjalan di red carpet bersama-sama artis International lainnya. Bahkan ia sempat foto bersama dengan Robert Pattionson, pemeran utama film box office "Twilight".


3. Nidji


Band beranggotakan Giring, Rama, Ariel, Adrie, Andro, dan Randy ini baru saja berkolaborasi dengan klub sepakbola Manchester United untuk video klip terbaru mereka. Sebuah prestasi yang membanggakan karena Nidji adalah satu-satunya band di Indonesia, bahkan di Asia, yang pernah melakukan itu dengan tim sekelas Manchester United. Lagu-lagu Nidji, "Heaven" dan "Shadow" juga pernah menjadi soundtrack serial "Heroes". Tahun ini, Nidji merilis album "Liberty Victory" yang dipasarkan secara internasional.


4. Cinta Laura


Meski usianya baru 19 tahun, Cinta Laura mampu mencetak prestasi internasional. Gadis berdarah Jerman ini mendapatkan peran di sebuah film Hollywood, "The Philosophers". Film tersebut disutradarai oleh John Huddles dan dibintangi pula oleh Bonnie Wright, pemeran Ginny Weasley di film "Harry Potter. Film bergenre thriller fantasy yang ber-setting di Jakarta ini akan mulai diputar di bioskop tahun 2013.


5. Anggun




Tahun 1994, Anggun memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan mengejar impiannya agar bisa go internasional. Ia pun tinggal beberapa tahun di London dan Prancis demi mengejar impiannya.

Sekitar 1997, akhirnya Anggun berhasil mencetak abum internasional pertamanya dalam bahasa Indonesia, Inggris dan juga Perancis. Album berjudul "Snow on the Sahara" ini dirilis di 33 negara. Hingga kini, nama Anggun terus mencuat di dunia internasional dengan terpilihnya ia sebagai FAO Goodwill Ambassador Anggun dan mewakili Prancis di kompetisi Eurovision 2012.


Mantapppp.....lalu bagaimana dengan sineas dan film Indonesia ?? Film Indonesia yang diakui dunia loh broo...... berikut ada 4 Film Indonesia yang diakui Dunia :


1. Daun Di Atas Bantal

Daun di Atas Bantal adalah sebuah film Indonesia tahun 1998 yang disutradarai Garin Nugroho. Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang bernama Asih (Christine Hakim) beserta tiga orang anaknya Heru, Sugeng, dan Kancil yang tinggal di jalanan kota Yogyakarta, Indonesia. Film ini diproduksi oleh Christine Hakim, dan seharusnya selesai pada bulan Oktober 1997, tetapi akibat krisis ekonomi di Indonesia, maka akhirnya diselesaikan di Australia.


SINOPSIS
Cerita ini berfokus di mana ketiga anak ini hidup dari menjual ganja dan hidup di jalanan dengan harapan bisa keluar dari kemiskinan mereka. Akar dari permasalahan mereka sebenarnya akibat Asih selalu tidak menghiraukan mereka. Setiap malam ketiga anak ini selalu berkelahi untuk memperebutkan Bantal Daun kepunyaan Asih. tetapi harapan mereka pupus, ketika takdir mereka berakhir tragis.

Penghargaan yang didapat

> Asia-Pacific Film Festival - 1998 - Best Actress - Christine Hakim
> Asia-Pacific Film Festival - 1998 - Best Film
> Singapore International Film Festival - 1999 - Unggulan dalam kategori Silver Screen Award Best Asian Feature Film - Garin Nugroho
> Tokyo International Film Festival - 1998 - Special Jury Prize - Garin Nugroho





2. Laskar Pelangi


 
Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah (SD dan SMP) di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan.

SINOPSIS
Diangkat dari kisah nyata yang dialami oleh penulisnya sendiri, buku “Laskar Pelangi” menceritakan kisah masa kecil anak-anak kampung dari suatu komunitas Melayu yang sangat miskin Belitung. Anak orang-orang ‘kecil’ ini mencoba memperbaiki masa depan dengan menempuh pendidikan dasar dan menengah di sebuah lembaga pendidikan yang puritan. Bersebelahan dengan sebuah lembaga pendidikan yang dikelola dan difasilitasi begitu modern pada masanya, SD Muhammadiyah-sekolah penulis ini, tampak begitu papa dibandingkan dengan sekolah-sekolah PN Timah (Perusahaan Negara Timah). Mereka, para native Belitung ini tersudut dalam ironi yang sangat besar karena kemiskinannya justru berada di tengah-tengah gemah ripah kekayaan PN Timah yang mengeksploitasi tanah ulayat mereka.

Penghargaan yang didapat

Karya film nasional berhasil menyabet penghargaan bergengsi dari ajang Festival Film Asia Pasifik 2009 yang dihelat di Taiwan. Empat penghargaan yang didapuk kepada karya anak bangsa itu adalah Laskar Pelangi yang terpilih sebagai Film Terbaik Festival Film Asia Pasifik 2009.




3. Pintu Terlarang


 
Pintu Terlarang (Forbidden Door) merupakan film horor/cerita getaran Indonesia yang dirilis pada tahun 2009. Film ini dibintangi antara lain oleh Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Otto Djauhari, Tio Pakusadewo, dan Henidar Amroe. Cerita film ini diadapasi dari novel berjudul Pintu Terlarang, karangan Sekar Ayu Asmara. Sekalipun di Indonesia dianggap kurang sukses, namun film ini ditanggapi positif di dunia Internasional saat perilisannya di banyak festival.

SINOPSIS
Hidup seorang pematung yang sukses bernama Gambir (Fachri Albar) mulai berantakan setelah dia mulai menerima pesan-pesan misterius dari seseorang yang meminta pertolongannya.
Dari sebuah tayangan TV illegal yang menempatkan kamera tersembunyi di rumah-rumah orang, dia mengetahui bahwa yang mencoba menghubunginya adalah seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang disekap dan disiksa oleh dua orang misterius.
Saat Gambir berusaha untuk mencari tahu di mana anak itu, dia curiga kalau istrinya yang bernama Talyda (Marsha Timothy) mungkin ada hubungannya dengan misteri yang sedang dia coba pecahkan. Tak lama kemudian, Gambir harus memilih, apakah menyelamatkan anak kecil itu atau kehilangan semua milik dan hidupnya.
Akhirnya Fachri pun mencari tahu siapa dan dimana anak kecil itu untuk diselamatkannya. Tapi, semua teka-teki membawanya ke sebuah pintu rahasia di dalam rumahnya sendiri, yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya, yang mungkin merupakan jawaban dari semua misteri.

Penghargaan yang di dapat

Pintu Terlarang menembus lebih dari 20 film festival antara lain di Rotterdam, Udine, New York, London, dan mendapat penghargaan The Best Film di Puchon International Fantastic Film Festival 2009. Pintu Terlarang pun mendapat pujian dari TIME dan The Hollywood Reporter
. Dari sisi komersial, Pintu Terlarang bisa bertahan selama satu bulan di Jawa dan tiga bulan di luar Jawa. Untuk ukuran film lokal, pencapaian ini dengan jumlah penonton sebanyak kurang lebih 300.000 masuk dalam kategori laris.


4. The Raid


 
The Raid (sebelum diedarkan: Serbuan Maut) adalah film aksi seni bela diri dari Indonesia yang disutradarai oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais. Pertama kali dipublikasi pada Festival Film Internasional Toronto (Toronto International Film Festival, TIFF) 2011 sebagai film pembuka untuk kategori Midnight Madness, para kritikus dan penonton memuji film tersebut sebagai salah satu film aksi terbaik setelah bertahun-tahun sehingga memperoleh penghargaan The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award. Terpilihnya film ini untuk diputar pada beberapa festival film internasional berikutnya, seperti Festival Film Internasional Dublin Jameson (Irlandia), Festival Film Glasgow (Skotlandia), Festival Film Sundance (Utah, AS), South by Southwest Film (SXSW, di Austin, Texas, AS), dan Festival Film Busan (Korea Selatan), menjadikannya sebagai film komersial produksi Indonesia pertama yang paling berhasil di tingkat dunia.

SINOPSIS
Di jantung daerah kumuh Jakarta berdiri sebuah gedung apartemen tua yang menjadi markas persembunyian para pembunuh dan bandit kelas dunia yang paling berbahaya. Sampai saat ini, blok apartemen kumuh tersebut telah dianggap tidak tersentuh, bahkan untuk perwira polisi yang paling berani sekalipun. Diam-diam di bawah kegelapan dan keheningan fajar, sebuah tim elit polisi penyerbu berjumlah 20 orang ditugaskan untuk menyerbu apartemen persembunyian tersebut untuk menyergap gembong narkotik terkenal yang menguasai gedung tersebut. Tapi ketika sebuah pertemuan dengan seorang pengintai membuka rencana mereka dan berita tentang serangan mereka mencapai sang gembong narkotik, lampu dalam gedung tiba-tiba padam dan semua pintu keluar diblokir. Terdampar di lantai enam dan tanpa jalan keluar, satuan khusus tersebut harus berjuang melawan penjahat-penjahat terburuk dan terkejam untuk bertahan hidup dalam misi penyerbuan tersebut.

Penghargaan yang di dapat

> The Cadillac People's Choice Midnight Madness Award, TIFF 2011
> Salah satu dari 11 film yang menjadi Spotlight dalam Festival Film Sundance 2012
> Terpilih menjadi penutup sesi FrightFest dalam Festival Film Glasgow 2012
> Audience Award dan Dublin Film Critics Circle Best Film dalam Festival Film Internasional   Dublin Jameson 2012.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Orang-orang Indonesia di balik karya besar dunia, oh ternyata........
 
Melihat kondisi bangsa carut marut, korupsi pejabat negeri terkuak, pejabat mesum, belum lagi penyakit sosial melanda masyarakat membuat banyak pihak hampir-hampir putus asa dan malu menjadi warga negara Indonesia. Generasi selanjutnya seperti hilang arah dan nampak suram lantaran semakin minim figur yang patut dicontoh.

Namun kekecewaan terhadap situasi demikian bisa sedikit terhapus saat mengetahui ternyata masih ada hal yang  bisa membuat masyarakat bangga menjadi bagian dari republik ini. Masih ada generasi masa depan bisa dijadikan contoh betapa besar peluang bangsa ini untuk menjadi salah satu negara diperhitungkan di dunia. Salah satunya mereka yang berkiprah di industri kreatif dan diakui secara internasional. Banyak putra-putri Indonesia yang mampu bersaing dan menantang dunia lewat karya mereka. Ada yang menjadi digital artist, animator, pemain film menembus Hollywood, penata rias internasional, hingga komikus lokal yang karyanya diakui asing. Nama mereka mungkin tidak setenar dan familiar jika dibandingkan jejeran artis dalam negeri lain. Namun mereka ternyata punya andil besar dalam menciptakan kreativitas yang digemari sejagat.

Seperti Ardian Syaf, misalnya. Pemuda asal Tulungagung, Jawa Timur ini ternyata seorang komikus yang karyanya dimuat oleh DC Comics, salah satu label perusahaan yang menerbitkan cerita komik pahlawan super macam Spiderman, Batman, dan lain-lain. Lalu ada Tania Gunadi. Jika Anda ingat film Power Rangers versi baru, tidak akan asing dengan wajah ranger berwarna kuning. Tania berhasil menembus Hollywood dan peran menjadi ranger kuning itu paling fenomenal tahun 2000-an.

Rini Sugianto tersohor sebab menjadi animator utama dalam film kartun Hollywood The Adventure of Tintin. Sementara Joe Taslim, artis pendatang baru Indonesia sukses bermain di film Hollywood, dan yang paling mencengangkan yakni Andre Surya, satu-satunya digital artis dimiliki Indonesia. Lelaki ini muncul di kredit film Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, hingga Transformer.

Menurut animator Wahyu Aditya, pendiri perusahaan HelloMotion juga penggagas HelloFest, sebuah festival film pendek dan animasi di Indonesia, mengatakan dalam satu dekade terakhir perkembangan industri kreatif di negara ini meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi.

"Setiap orang dapat mempelajari teknologi dan memperoleh pengetahuan kreativitas dari Internet. Ini memungkinkan orang luar negeri semacam Amerika Serikat bisa memesan animator dari Indonesia untuk membantu memperkuat project mereka,"
Selain itu teknologi jaringan juga memungkinkan kreasi bangsa dilirik negara lain. Adit juga memberikan respons positif pada pemerintah Indonesia yang membuat badan formal setingkat kementrian untuk mendukung industri kreatif. "Baru dua negara yang membuat badan ini yakni Inggris dan Indonesia. Namun pembentukan badan untuk mengurus industri kreatif ini masih seumur jagung. Langkah awal yang baru bisa dilakukan yakni membaca peta agar bisa menentukan kebutuhan untuk mengembangkan industri kreatif itu. Ini berguna jika ada program pendanaan dari luar negeri agar tepat sasaran. "Sebab sejauh ini alokasi terbesar masih di bidang mode (fashion) dan animasi.," . Adit lulusan diploma 3 di Raffles Institute Technology, Kota Sydney, Australia ini, berpandangan bahwa kreativitas tidak terlalu mementingkan bakat asalkan ada minat, banyak teknologi bisa digunakan agar daya cipta berkembang. Indonesia memang mempunyai kuantitas animator kalah jauh dengan negara luar macam Amerika. Jumlahnya hanya puluhan dan itu pun masih harus mendapat tekanan halus agar bisa mencipta segala sesuatu berbau identitas bangsa. Padahal kerja di wilayah kreativitas tidak perlu dibatasi.  "Akhirnya pada sibuk mencari simbol yang mewakili Indonesia. Jadi terkotak," ujar Adit. Upayanya sebagai salah satu animator negeri ini sederhana yakni menambah jumlah orang yang berkeinginan kuat untuk terjun di bidang desain, khususnya animasi. Selain kekurangan jumlah, Adit merasa sekolah animasi, ilustrator, atau desainer masih kurang dalam menyusun kurikulum lantaran pengajarnya rata-rata berpengalaman secara otodidak dan bukan teoritis. Jangankan di Indonesia, di Jepang yang maju dengan kartun-kartun biasa disebut anime, hampir sebagian besar dibuat oleh mereka yang tidak punya latar belakang pendidikan desain mumpuni walau hasil gambarnya menakjubkan. Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah jika memang ingin memajukan industri kreatif. Selain itu, penegasan dalam pelanggaran hak cipta dan karya original juga perlu diperhatikan. Masih banyak orang yang dengan seenaknya meminjam hasil olahan kreatif orang lain untuk berbagai kepentingan. Seharusnya ini tidak terjadi dan pemerintah harus segera membuat beleid ketat agar karya seseorang bisa terlindungi dengan baik.

Inget juga kita masih ada daftar nama terkenal lainnya dari tanah air pula, seperti :
Carter Tassiam, penata rambut asal Indonesia yang eksis di Hollywood.
- Tania Gunadi, gadis Bandung penakluk Hollywood dengan Power Rangersnya dan Bagi para penggemar tokoh superhero Superman, tentunya tak asing dengan serial Superman Smallville, ada sosok dari Indonesia di balik serial yang tayang sejak 2001. Dia adalah Pandu Birantoro. Di serial Superman tersebut, Pandu menjadi orang yang bekerja di belakang layar sebagai Asistant Director serial TV Smallville. Pandu juga membagi pengalamannya saat proses syuting berlangsung. Dari sang sutradara Zack Synder, Pandu pun belajar mengenai banyak hal termasuk kedisiplinan. Pengajar di International School Jakarta juga ikut berkarya di berbagai film internasional lainnya. Seperti film Pandu yang berjudul Euphoria juga telah tayang di berbagai negara seperti Prancis. Saat ini Pandu sedang disibukkan dengan project film The Killers, sebagai Promo Producer dan film pendek 'Meet Me Half Way' sebagai bentuk kerja sama negara Kanada - Indonesia. Tak jarang karya-karya Pandu membuahkan berbagai penghargaan baik dari dalam dan luar negeri. Sebut saja Piala Maya untu film Omnimbus Sinema Purnama yang bekerja sama dengan beberapa sineas muda Indonesia lainnya.


Siapa sih orang Indonesia di Balik Game "Assassin's Creed"  ???
oik yusuf/ kompas.com Richard Bharata, karyawan Ubisoft (kiri)
Seri video game dari Ubisoft yang kini telah mencapai judul kelima (Assassin's Creed III) dikenal sebagai permainan yang menyajikan gameplay terbuka di tengah tempat-tempat historis yang tervisualisasi dengan indah. Dalam seri game ini pemain menjelajahi lokasi-lokasi bersejarah, seperti kota Istanbul pada zaman Ottoman, Roma dalam masa Renaissance, serta Amerika Serikat sewaktu dilanda perang saudara. Semuanya ditampilkan dengan detail lingkungan dan arsitektur yang akurat sesuai era masing-masing.

Untuk mewujudkan itu semua diperlukan kerja keras yang tidak sedikit, mulai dari riset sejarah, kunjungan ke lokasi yang sesungguhnya, hingga proses pengembangan lingkungan dalam game. Nah, di sinilah Richard Wych Bharata Setiawan, seorang kelahiran Indonesia, berperan signifikan.

ubisoft
Desain Komunikasi Visual Universitas Trisakti ini menjabat sebagai Level Artist di studio besar Ubisoft di Montreal, Kanada. Sebagai perancang lingkungan game, Richard terlibat dalam pembuatan sejumlah game dalam seri Assassin's Creed, termasuk Brotherhood dan Revelations yang merupakan ekspansi dari judul Assassin's Creed II. Dia juga turut menangani proses desain dalam seri game populer lain bikinan Ubisoft, yaitu Prince of Persia.
Richard tidak serta-merta melompat ke Kanada begitu lulus kuliah. Pria ini mengawali kariernya sebagai desainer grafis di Forhet pada 2005. Lebih kurang setahun kemudian, dia bergabung dengan Matahari Studios—sebuah pengembang game lokal—sebagai special effects artist.

geekbox.net Salah satu setting lokasi di game Assassins Creed III
Richard mengajukan lamaran sebagai special effects artist. Tetapi, posisi yang diinginkannya itu ternyata tidak tersedia. Richard lantas nyemplung sebagai level artist dan modeller di Ubisoft Singapura pada tahun 2008 silam. Dia adalah salah satu dari dua orang Indonesia yang tergabung dalam tim awal studio Ubisoft Singapura yang berjumlah 25 orang. Tiga tahun bekerja di Singapura, Richard lantas pindah ke studio utama Ubisoft di Montreal, Kanada, di mana dia bermukim hingga kini.

Melihat tampilan dunia dalam seri game Assassin's Creed yang luas dan begitu mendetail, dapat dibayangkan bahwa pembuatnya pastilah bekerja keras untuk merealisasikan lingkungan game dari gambaran konsep yang ditetapkan sebelumnya. Di studio Ubisoft, sebagian besar tanggung jawab ini berada di pundak art director yang memberikan arahan seputar rancangan game pada sejumlah sub-bagian, termasuk character design dan level designer yang menjadi atasan Richard. Richard bersama tim level artist memikirkan kira-kira arsitektur seperti apa yang sesuai dengan setting game, lalu bekerja membuat obyek-obyek dan lingkungan dalam game berdasarkan referensi yang didapat berikut limitasi interaksi dalam game yang ditetapkan oleh programmer. Kadang proses ini bisa membuat pusing tujuh keliling. Richard memberi contoh salah satu level dalam game Assassin's Creed: Brotherhood yang menampilkan reruntuhan Colosseum di Roma, Italia, lengkap dengan ruang-ruang bawah tanahnya.


gamesradar.com Colosseum dalam game Assassins Creed: Brotherhood

"Kami harus membuat Colosseum sesuai dengan keadaannya pada abad ke-15, tahun 1400-an, sementara gambar-gambar referensi yang tersedia hanya dari tahun 2000-an " . Kendati demikian, nyatanya di tengah keterbatasan itu tim pengembang Ubisoft tetap berhasil memvisualisasikan desain Colosseum yang megah. Ketika itu, Richard antara lain bertanggung jawab membuat setting dungeon atau ruang tahanan bawah tanah di Colosseum yang juga dipakai sebagai arena kejar-kejaran menggunakan kuda di dalam game.
Dalam proses pembuatan game, Ubisoft menerapkan sistem milestone atau target pencapaian dalam kurun waktu tertentu. Jika sudah dekat waktu deadline, Richard kerap lembur demi merampungkan pekerjaan. Tantangan dalam melakukan proses desain lingkungan game itu pun selalu mengalami eskalasi dari judul ke judul. Ubisoft selalu meminta rancangan yang lebih detail untuk game berikutnya. "Pengerjaan dari Assassin's Creed II ke Brotherhood lalu setelah itu ke Revelations, misalnya, selalu harus disertai dengan peningkatan kualitas sehingga kami harus bekerja lebih giat lagi." Saat semuanya sudah selesai, dunia game kemudian digabungkan dengan bagian-bagian lainnya, seperti karakter game hasil rancangan character artist dan fashion designer yang juga dibuat berdasarkan referensi faktual.

Hasil karya Richard bisa dilihat di serangkaian judul game dalam seri populer ini, mulai dari Assassin's Creed II, Assassin's Creed: Brotherhood, Assassin's Creed: Revelations, hingga yang terbaru Assassin's Creed III, yang tersedia untuk platform PC dan konsol game, seperti Xbox 360 dan PlayStation 3.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sangat panjang jika admin membubuhkan catatan rekor dan sejarah karya prestasi anak bangsa, tak lain yang tertuang dan termaktub disini hanyalah mewakili sebagian kecil dari karya spektakuler dalam catatan sejarah dunia yang ditorehkan oleh tangan-tangan kreatif serta pemikiran cemerlang inovatif dari putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Dengan harapan sebagai pemacu prestasi bagi generasi kedepan, dan terus menumbuhkan semangat berkebangsaan yang raya dan satu Indonesia. Jika para reader memiliki catatan lain tentang  prestasi anak bangsa lainnya tentu akan menjadi kehormatan sendiri jika kemudian berbagi dan mencatatkannya dalam mesin ruang media hingga mudah generasi bangsa ini kelak menemukan jejak kebesaran karya-karya terbaik anak negeri bernama Indonesia. Terus jaya Indonesia Berkibarlah merah putih bersama garuda membelah cakrawala dunia, salam :)